RSS

SELEKSI TEPAT DENGAN PEN TOOL

waktu mampir liat-liat di foto studio banyak juga yang nanyain teknik seleksi pada photoshop. Caranya gimana sich???.Hmmmm.... Dalam photoshop Banyak sekali teknik atau cara menseleksi dalam photoshop,salah satunya adalah pen tool,kebanyakan pen tool digunakan dalam pembuatan shape ,kini kita akan mencoba membuat seleksi yang lebih detail dengan pen tool.
1.Untuk latihan kita akan mencoba menseleksi gelas dalam gambar ini


2.Aktifkan pen tool atau tekan saja P


3.Pada Option bar aktifkan PATH agar garis path yang kita buat tidak menjadi layer baru,sehingga garis path yang kita buat berada dalam layer yang aktif sekarang.Jangan lupa akifkan RUBBER BAND agar kita dapat melihat garis preview dari pen tool.


4.Beri titik pada gambar,berdasarkan urutan nomor dan bagian-bagian seperti dibawah ini dan jangan lupa pada titik 10 klik ke titik 1 lagi agar menjadi sebuah bentuk.


5.Tentunya titik yang kita buat seperti garis-garis lurus,untuk itu dibutuhkan lagi tool yang berfungsi untuk melengkungkan garis path tersebut,tool ini adalah DIRECT SELECTION TOOL,untuk itu aktifkan DIRECT SELECTION TOOL


6.Klik kanan pada bagian yang akan dilengkungkan,lalu pilih add anchor point ,
7.Tarik titik tersebut agar mendapatkan lengkungan yang sesuai,lakukan seperti no 6 pada bagian-bagian lain.
8.setelah garis path sudah dilengkungkan hingga menjadi bentuk yang diinginkan,kini saatnya untuk merubah garis tersebut menjadi seleksi,klik PATH pada palettes sebelah kanan,setelah itu klik kanan pada WORK PATH dan pilih MAKE SELECTION ,


9.Akan terbuka kotak dialog yang berarti seleksi akan diberi FEATHER / tingkat kehalusan tepi seleksi,bila tidak ingin halus tinggal beri angka nol ( 0 ) ,semakin besar angka yang diberikan semakin halus tepian seleksi.Untuk percobaan beri nilai satu px ( 1 )pada FEATHER RADIUSnya.


10.Setelah menjadi seleksi kini tinggal di pisahkan /di duplicat dengan cara menekan (CNTRL + J )
11.Aanda tinggal geser saja layer 1 ke mana saja karena telah menjadi layer yang berpisah dari background,atau dapat di bawa ke kanvas lain layaknya seperti move biasa.


12.Setelah itu kini giliran anda yang menulis komentar,hahahaa.,,sekian,trims

0 komentar:

Posting Komentar

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 STEKOM Graphics Community All rights reserved.
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress Theme by EZwpthemes